Komplikasi Diabetes Melitus

Diabetes dapat didiagnosis dengan tes darah dan urin. Jika pada saat pemeriksaan rutin tidak ditemukan gejala apapun, dokter mungkin akan menyarankan random blood sugar test (uji gula darah secara acak). Ini artinya darah Anda bisa diuji kapanpun sepanjang hari, tidak peduli kapan Anda terakhir kali makan. Jika dicurigai ada diabetes, kadar fasting blood sugar atau gula darah puasa (setelah berpuasa 12 jam) dan postprandial blood sugar atau gula darah pascaprandial (dua jam setelah makan) akan diuji. Diabetes didiagnosis jika kadar gula darah secara acak yang Anda miliki lebih dari 200 mg/100 ml darah dan gula darah puasa Anda lebih dari 140 mg/100 ml.

Sampai beberapa tahun yang lalu, tes urin secara rutin dianjurkan untuk mendiagnosis diabetes. Namun, tes ini tidak direkomendasikan lagi karena adanya beberapa kondisi kesehatan lain dan obat-obatan bisa memberikan hasil yang salah.

Komplikasi diabetes bisa bersifat :

1. Akut, karena kekurangan insulin menyebabkan naiknya kadar gula darah ke tingkat yang sangat tinggi
2. Kronis, akibat adanya perubahan pembuluh darah di berbagai bagian tubuh

Komplikasi akut mencakup ketoasidosis diabetik dan infeksi berulang.

– Ketoasidosis diabetik atau koma

Ketika kadar insulin rendah, tubuh tidak mampu mengubah glukosa menjadi energi dan karenanya mengambil lemak dari tempat penyimpanannya. Pemecahan lemak untuk menghasilkan energi menyebabkan terbentuknya fatty acids atau asam lemak. Asam lemak ini melewati hati dan membentuk kelompok bahan kimia yang disebut keton. Keton dikeluarkan melalui urin. Adanya keton di dalam urin disebut ketonuria.

Meningkatnya kadar keton di dalam jaringan tubuh disebut ketosis. Ketosis bisa meningkatkan keasaman cairan dan jaringan tubuh sampai ke tingkat yang abnormal dan menyebabkan suatu kondisi yang disebut asidosis. Asidosis sebagai akibat dari meningkatnya keton disebut ketoasidosis.

Ketoasidosis diabetik adalah suatu kondisi darurat, dan jika tidak ditangani tepat waktu, dapat mengakibatkan kematian. Dosis insulin yang tepat dan cairan infus dapat memulihkan ketoasidosis diabetik. Jika Anda memiliki gejala-gejala yang menunjukkan ketoasidosis, Anda dapat mengikuti cara-cara berikut sampai Anda mencapai rumah sakit :

a. Tingkatkan dosis insulin yang biasa, setidaknya sebanyak 25%
b. Minumlah sebanyak mungkin cairan
c. Dapatkan tes urin untuk keton dan tes darah untuk glukosa setidaknya setiap empat sampai enam jam

– Infeksi

Orang yang mengidap diabetes lebih mungkin mengalami infeksi karena tida alasan utama:

a. Pertumbuhan bakteri sangat pesat jika kadar glukosa tinggi
b. Mekanisme pertahanan alami tubuh pada orang yang mengidap diabetes
c. Komplikasi yang terkait dengan diabetes meningkatkan resiko infeksi

Infeksi yang lazim di antara orang yang mengidap diabetes mencakup infeksi kulit, infeksi saluran kencing, penyakit pada gusi, tuberkulosis, dan beberapa infeksi jamur.

Komplikasi kronis lebih lazim terjadi jika kadar gula darah yang normal tidak dipertahankan secara teratur. Orang yang mengidap diabetes kemungkinan besar mengalami penyakit pada jantung, pembuluh darah, ginjal, mata dan saraf.

– Penyakit pada jantung dan pembuluh darah

Aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah arteri) adalah suatu kondisi dimana pada arteri terjadi :

a. Pengerasan, dan
b. Penyempitan karena timbunan lemak pada dinding bagian dalam pembuluh.

Ini adalah penyakit yang berkembang lama. Namun penyakit ini dapat berkembang lebih cepat pada orang yang mengidap diabetes. Inilah sebabnya pengidap diabetes dua kali lebih mungkin terkena serangan jantung atau angina dibandingkan dengan mereka yang tidak mengidap diabetes.

Pengerasan pembuluh arteri pada kaki dapat memengaruhi otot kaki akibat berkurangnya pasokan darah. Ini bisa menyebabkan kram, rasa kurang nyaman, atau rasa lemah ketika berjalan. Jika pasokan darah ke kaki berkurang banyak atau terputus untuk waktu yang lama, mungkin akan terjadi kematian jaringan. Jika ini terjadi, bagian yang terkena mungkin harus diamputasi untuk menyelamatkan nyawa si pasien.

– Kerusakan pada ginjal

Diabetes dapat memengaruhi beberapa pembuluh darah kecil yang ada di dalam ginjal. Sebagai akibatnya, efisiensi ginjal dalam menyaring produk sisa pun berkurang. Fungsi ginjal yang menurun menyebabkan dikeluarkannya suatu protein yang disebut “albumin” dalam urin. Kerusakan ginjal mungkin berlanjut, terutama jika kadar gula darah tidak dijaga agar terkendali. Kerusakan ginjal karena diabetes lebih lazim terjadi pada diabetes Tipe I, ketimbang diabetes Tipe II.

– Kerusakan pada mata

Orang yang mengidap diabetes lebih mungkin mengalami kehilangan penglihatan sebagian atau seluruhnya ketimbang mereka yang tidak mengidapnya.

– Kerusakan saraf

Hampir 70% orang yang mengidap diabetes mengalami beragam tingkat kerusakan saraf. Kerusakan saraf ini disebut neuropati. Neuropati sebagai akibat diabetes disebut diabetic neuropathy.

Gula darah yang tinggi merusak serat saraf dan lapisan lemak di sekitar saraf. Saraf yang rusak tidak dapat menyampaikan sinyal ke dan dari otak dengan baik. Akibatnya, Anda mungkin akan kehilangan sensasi atau meningkatnya sensasi atau rasa sakit pada bagian yang terkena. Kerusakan saraf tepi pada tubuh lebih lazim terjadi daripada bagian tubuh yang lain. Kerusakan ini biasanya dimulai dari jemari kaki dan berlanjut ke betis serta paha. Hal ini bisa menyebabkan rasa kebas, rasa kesemutan, rasa terbakar, rasa nyeri yang tumpul, rasa nyeri yang tajam, atau kram. Kulit mungkin menjadi begitu peka sehingga bahkan tekanan dari sepatu dan pakaian menjadi tidak tertahankan.

Cara Pemesanan Obat Diabetes

Obat Diabetes Tradisional, Herbal dan Alami Untuk, Membantu Pengobatan Penyakit Diabetes, Mengurangi Gejala Kencing Manis dan Membantu Menurunkan Gula Darah Tinggi

Harga Obat Diabetes

Obat Diabetes Herbal, Obat Diabetes Alami

Obat Diabetes Herbal, Obat Diabetes Alami

Harga Obat Diabetes 1 Botol Isi 60 Kapsul = Rp.145.000,-

(Untuk Pemakaian 10-20 Hari)

Paket Hemat Obat Diabetes Tradisional dan Herbal

Paket Hemat Obat Diabetes Tradisional dan Herbal

Paket HEMAT Setiap Beli 3 Botol GRATIS 1 Botol

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.580.000 Jadi Rp.435.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.145.000)

(Untuk Pemakaian 40-60 Hari)cara-pemesanan-cepat

Cara Pemesanan Cepat Obat Diabetes:

SMS ke 0818-0773-0772 , tuliskan : Pesan Diabsulin Obat Diabetes, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Berapa Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda, Alamat Kirim Lengkap dan Pembayaran Via Bank Apa


=====================================

>>> Obat Diabetes Untuk Membantu Mengurangi Gejala Kencing Manis, Membantu Mengobati Penyakit Diabetes, Membantu Menurunkan Gula Darah Tinggi, KLIK DETAIL DISINI!
=====================================


This entry was posted in Diabetes Melitus and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.